Tutorial Update Data GIS Madrasah 2018

Baca Juga

Tutorial update data GIS Madrasah tahun 2018 ini menjelaskan tata cara dan prosedur dalam melakukan update data Geographic information System (GIS) Madrasah. Sebagaimana diketahui, Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendis Kemenag, pada awal tahun 2018 ini menyelenggarakan pemutakhiran data GIS dari semua madrasah di Indonesia. Layanan online yang bisa diakses di situs https://madrasah2.kemenag.go.id/gis/ ini diharapkan akan pangkalan data madrasahyang disajikan dalam bentuk peta.

Sebagai layanan yang baru dirilis, tentu dibutuhkan panduan dan tutorial bagi para operator madrasah dalam melakukan update data GIS Madrasah.

GIS atau Geographic information System (Sistem Infomasi Geografis) adalah salah satu pangkalan data madrasah yang disajikan dalam bentuk peta dan dipublikasikan secara umum. Data yang dimuat meliputi informasi profil madrasah, kontak, data lokasi, kondisi bangunan dan sarpras, foto kegiatan siswa, dan foto prestasi madrasah.

Setiap madrasah wajib untuk melakukan pemutakhiran data GIS Madrasah tersebut.

GIS Madrasah

Proses updating data GIS ini sebagaimana Surat Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor: 172/Dt.1/Dt.1.1.2/Ks.00/02/2018 tertanggal 5 Februari 2018 dan ditandatangani oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah atas nama Direktur Jenderal.

Surat yang ditujukan kepada Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia tersebut berisikan penugasan untuk meneruskan kepada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Madrasah agar melaksanakan update data GIS Madrasah.

Selengkapnya silakan unduh surat tentang update GIS Madrasah DI SINI.

1. Tutorial Login ke Layanan GIS Madrasah


Untuk melaksanakan update data GIS Madrasah, yang harus dilakukan pertama kali tentunya adalah login ke layanan GIS. Caranya untuk login adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs GIS Madrasah di alamat https://madrasah2.kemenag.go.id/gis
  2. Muncul halaman awal GIS berisikan informasi umum sebaran madrasah di seluruh Indonesia.
  3. Halaman Awal GIS Madrasah

  4. Klik menu login di pojok kanan atas.
  5. Masukkan username dan password kemudian klik Sign In.

  6. Login GIS Madrasah

  7. Saat pertama kali masuk, username yang digunakan adalah NSM madrasah masing-masing. Sedangkan password adalah 123456
Untuk menjaga kerahasiaan, disarankan untuk melakukan pergantian password.

2. Cara Mengganti Password GIS Madrasah


Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, operator madrasah diharapkan untuk melakukan pergantian password dari yang semula password standar ke password masing-masing. Cara melakukan pergantian password adalah sebagai berikut:
  1. Klik tanda segitiga terbalik di pojok kanan atas, di samping gambar profil (profil standar bergambar logo Kemenag)
  2. Pilih Profile
  3. Isikan data operator madrasah yang meliputi nama operator, nomor telpon, email, dan password baru.
  4. Pada kolom password baru silakan isikan password yang diinginkan
  5. Klik Simpan
  6. Jangan lupa untuk sekalian mengganti foto profil yang menu unggahnya ada di sebelah kiri.

Profil GIS Madrasah

3. Panduan Pengisian Data GIS Madrasah


Untuk selanjutnya, operator madrasah dapat melakukan pemutakhiran data pada menu-menu yang terdapat di layanan GIS Madrasah ini. Menu yang tersedia meliputi:

  1. Profil Madrasah
  2. Kontak
  3. Data Lokasi
  4. Kondisi bangunan
  5. Kondisi sarpras
  6. Kegiatan Siswa
  7. Prestasi Madrasah

Operator tinggal melengkapi data-data yang belum tersedia atau merubah data-data yang salah.

Untuk cara pengisian lebih lanjut, silakan simak video tutorial berikut ini.


Video tutorial tersebut merupakan reupload dari video resmi yang dibuat oleh Direktorat KSKK Madrasah.

Atau silakan unduh pedoman resmi pemutakhiran data GIS Madrasah DI SINI.

Demikianlah tutorial update GIS Madrasah tahun 2018. Semoga artikel ini bermanfaat bagi operator madrasah yang tengah melaksanakan pemutakhiran data GIS Madrasah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Update Data GIS Madrasah 2018"

Post a Comment